BAB 3
APLIKASI YANG MENDUKUNG
SHADING MODELLING
Model
3D adalah salah satu blok bangunan penting dari komputer grafis 3D. Tanpa
mereka tidak akan ada komputer animasi-tidak ada Toy Story, tidak ada
Wall-E, tidak ada ogre hijau besar. Tidak
akan ada game 3D, yang berarti kita tidak pernah untuk mengeksplorasi Hyrule di
Ocarina of Time, dan Master Chief tidak pernah pada Halo. Tidak akan ada film
Transformers (setidaknya cara kita tahu mereka hari ini), dan iklan mobil tidak
mungkin melihat hal seperti ini satu. Setiap objek, karakter, dan lingkungan
dalam setiap film animasi komputer atau video game 3D terdiri dari model 3D.
Jadi ya, mereka cukup penting dalam dunia CG.
Apa itu Model 3D?
Model
3D adalah perwakilan dari setiap objek tiga dimensi (nyata atau bayangan) dalam
lingkungan perangkat lunak 3D. Tidak seperti gambar 2D, model 3D dapat dilihat
di suite perangkat lunak khusus dari sudut manapun, dan dapat ditingkatkan,
diputar, atau secara bebas dimodifikasi. Proses menciptakan dan membentuk model
3D dikenal sebagai pemodelan 3d.
Jenis Model 3D
Ada
dua jenis utama dari model 3D yang digunakan dalam film & industri game,
perbedaan yang paling jelas berada di jalan mereka diciptakan dan dimanipulasi
(ada perbedaan dalam matematika yang mendasari juga, tapi itu kurang penting sampai
akhir -pengguna).
NURBS Surface
NURBS
Surface: A Non-seragam rasional B-spline, atau NURBS Surface adalah model
permukaan halus yang diciptakan melalui penggunaan kurva Bezier (seperti versi
3D dari alat pena MS Paint). Untuk membentuk permukaan NURBS, artis menarik dua
atau lebih kurva dalam ruang 3D, yang dapat dimanipulasi dengan menggerakkan
menangani disebut kontrol vektor (CV) sepanjang sumbu x, y, atau z
Aplikasi
perangkat lunak interpolates ruang antara kurva dan menciptakan mesh halus
antara mereka. NURBS Surface memiliki tingkat tertinggi presisi matematis, dan
karena itu paling sering digunakan dalam pemodelan untuk rekayasa dan desain
otomotif.
Polygonal Model
Polygonal
Model: model Polygonal atau "(Meshes)/jerat" mereka sering
disebut, adalah bentuk paling umum dari model 3D ditemukan dalam animasi, film,
dan industri game, dan mereka akan menjadi jenis yang kita akan berfokus pada
untuk sisa artikel.
Model
Polygonal sangat mirip dengan bentuk geometris Anda mungkin pelajari di sekolah
menengah. Sama seperti sebuah kubus geometris dasar, model poligonal 3D terdiri
dari wajah, tepi, dan simpul.
Bahkan,
model 3D yang paling kompleks mulai sebagai bentuk geometris sederhana, seperti
kubus, bola, atau silinder. Bentuk-bentuk 3D dasar disebut primitif objek.
Primitif yang kemudian dapat dimodelkan, berbentuk, dan dimanipulasi menjadi
apa pun objek artis sedang mencoba untuk membuat (sebanyak yang kita ingin
masuk ke detail, kita akan membahas proses pemodelan 3D dalam sebuah artikel
terpisah).
Komponen dari model poligonal:
Faces:
Karakteristik nyata dari model poligonal adalah bahwa (tidak seperti NURBS
Surface) adalah jerat poligonal segi, yang berarti permukaan model 3D terdiri
dari ratusan atau ribuan wajah geometris. Pada pemodelan baik,
poligons baik persegi empat (quad-norma dalam karakter / model organik) atau
tiga sisi (tris-lebih sering digunakan dalam pemodelan game). Pemodel baik
berusaha untuk efisiensi dan organisasi, mencoba untuk tetap dianggap poligon
serendah mungkin untuk bentuk yang diinginkan.
Jumlah
poligon dalam mesh, disebut-poli-count, sementara kepadatan poligon disebut
resolusi. Model 3D terbaik memiliki resolusi tinggi lebih detil adalah
dibutuhkan-seperti tangan karakter atau wajah, dan resolusi rendah di daerah rinci
rendah mesh. Biasanya, semakin tinggi resolusi keseluruhan model, halus itu
akan muncul dalam render akhir. Jerat resolusi yang lebih rendah terlihat
berbentuk kotak (ingat 64 Mario?).
Edge: Edge
adalah setiap titik pada permukaan model 3D di mana dua wajah poligonal
bertemu.
vertices/Simpul:
Titik perpotongan antara tiga atau lebih ujung disebut verteks (gb. simpul).
Manipulasi simpul pada x, y, dan z-sumbu (sayang disebut sebagai
"mendorong dan menarik verts") adalah teknik yang paling umum untuk
membentuk mesh poligonal menjadi bentuk akhir itu dalam paket pemodelan
tradisional seperti Maya, 3ds Max, dll . (Teknik sangat, sangat berbeda dalam
aplikasi mematung seperti ZBrush atau Mudbox.)
Ada satu
komponen yang lebih dari model 3D yang perlu ditangani:
Tekstur dan Shaders:
Tanpa
tekstur dan shader, model 3D tidak akan terlihat menarik. Bahkan, Anda tidak
akan dapat melihatnya sama sekali. Meskipun tekstur dan shader tidak ada yang
melakukan dengan bentuk keseluruhan model 3D, mereka memiliki segala sesuatu
yang berkaitan dengan tampilan visual itu.
Shaders:
shader adalah satu set instruksi diterapkan pada model 3D yang memungkinkan
komputer tahu bagaimana harus ditampilkan. Meskipun jaringan shading dapat
dikodekan secara manual, paket perangkat lunak yang paling 3D memiliki alat
yang memungkinkan seniman untuk men-tweak parameter shader dengan sangat mudah.
Menggunakan alat ini, seniman dapat mengendalikan cara permukaan model
berinteraksi dengan cahaya, termasuk opacity, reflektifitas, sorot specular (kilau),
dan puluhan lainnya.
Tekstur:
Tekstur juga berkontribusi besar terhadap tampilan visual model. Textures dua
file gambar dimensi yang dapat dipetakan ke permukaan 3D model melalui proses
yang dikenal sebagai pemetaan tekstur. Textures dapat berkisar dari yang
sederhana dalam kompleksitas tekstur warna datar hingga detail permukaan
benar-benar realistis.
Texturing
dan shading merupakan aspek penting dari pipa grafis komputer, dan menjadi
pandai menulis shader-jaringan atau mengembangkan peta tekstur adalah khusus di
dalamnya benar sendiri. Tekstur dan shader seniman hanya sebagai instrumen
dalam keseluruhan tampilan film atau gambar sebagai pemodel atau animator.
3.1 PENGENALAN BLENDER DAN 3DMAX
Blender
3D yang merupakan software gratis dan open source ini merupakan open source 3D
paling populer di dunia. Fitur Blender 3D tidak kalah dengan software 3D
berharga mahal seperti 3D studio max, maya maupun XSI. Dengan Blender 3D anda
bisa membuat objek 3D animasi, media 3D interaktif, model dan bentuk 3D profesional,
membuat objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D lainnya. Blender 3D
memberikan fitur – fitur utama sebagai berikut : 1. interface yang user
friendly dan tertata rapi. 2. tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi
modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan
simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game
creation. 3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform.
Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD,
Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya. 4. Kualitas arsitektur 3D yang
berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien. 5.
Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas 6. File Berukuran kecil.Blender adalah perangkat
lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan
desainer.
(Perangkat lunak adalah
istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan
secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan
berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata
lain, bagiansistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan
perbedaan dengan perangkat keras computer).
grafis 3
dimensi (3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau
disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memilik
ipanjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam
bidang seni, animasi, komputer dan matematika. Sistem
koordinat Kartesian 3 dimensi: sumbu X, Y, dan Z)
Blender dapat
digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi.
(Animasi,
atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan
hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang
bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar
kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar
bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer,
pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini
lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2
dimensi.)
Software pengembangan
animasi dimensi tiga merupakan software yang
banyak digunakan oleh para praktisi dalam
bisnis periklanan. Software ini banyak ragamnya, sesuai
dengan keterserdiaan fasiltas yang disediakan untuk memudahkan pengguna.
Discreet 3DS Max merupakan software dimensi tiga yang
dapat membuat objek dimensi tiga tampak
realistis. Keunggulan yang dimiliki adalah
kemampuannya dalam menggabungkan objek image,
vektor dan tiga dimensi, serta langsung
dapat menganimasikan objek tersebut. Animasi dimensi
tiga dapat diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa berdiri
sendiri sebagai sebuah movie.
Kemajuan dunia
grafik khususnya animasi 3d telah berkembang dengan sangat pesat. Telah banyak
kemudahan-kemudahan dan feature-feature baru yang dikeluarkan oleh pihak vendor
dalam upaya untuk semakin memikat konsumen/user dengan produk mereka. Ini
tentunya menjadi nilai tambah bagi para konsumen dalam mengekplorasi ide
kreatifitas dalam berkarya. Hal ini tentunya harus menjadi motivasi bagi siswa
selaku insan yang bergelut dalam bidang multimedia untuk lebih serius dan tekun
dalam mempelajari penggunaan software animasi 3d multimedia ini.
Buku panduan ini disusun
dari berbagai macam sumber untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan
mengaplikasikan konsep animasi dan pemodelan 3D dengan menggunakan Software 3ds
max. Bahasan dalam buku panduan ini mencakup dasar-dasar modeling dan animasi 3
dimensi yang sederhana sebagai dasar bagi siswa untuk dapat melatih diri dalam
mengeksplorasi ide dan kreatifitas mereka
3.2 SEJARAH
BLENDER DAN 3DMAX
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai
perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah
berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan
salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain
bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan
software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan
kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang
lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender
Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka
penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu
mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap
pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License..
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License..
Produk
asli 3D Studio diciptakan untuk platform DOS oleh Grup Yost dan diterbitkan
oleh Autodesk. Setelah 3D Studio DOS Release 4, produk tersebut ditulis ulang
untuk platform Windows NT, dan berganti nama menjadi "3D Studio MAX."
Versi ini juga awalnya diciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh
Kinetix, yang pada saat itu divisi Autodesk media dan hiburan. Autodesk membeli
produk ini di tanda rilis kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan
diinternalisasi seluruhnya selama dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk
diubah menjadi "3ds max" (semua huruf kecil) untuk lebih sesuai dengan
konvensi penamaan Discreet
perusahaan, sebuah perangkat lunak berbasis di Montreal yang telah dibeli
Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut lagi dicap dengan logo Autodesk, dan
namanya kembali diubah menjadi "3ds Max" (atas dan huruf kecil). Pada
rilis 2009, nama produk diubah menjadi "Autodesk 3ds Max".
3.3 FITUR-FITUR BLENDER DAN 3DMAX
Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam
lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI,
Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Fitur termasuk:
- Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
- Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
- Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
- Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
- UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
- Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
- Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
- Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
- Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
- Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
- Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
- Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
- Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah
Area kerja 3DS max
1. Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas
untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama
dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
2. Tool Reactor, berisi tool-tool yang
dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor. Atau
dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers
> reactor
3. Command Panel, berisi perintah- perintah atau
parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk
menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek
gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk
memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah biasa
disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.
4. Viewport, merupakan area atau layar
tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga
dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut
pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top,
bottom, left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang
aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut
adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
5. Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool
yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang
kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar seperti tampak pada gambar di
bawah ini :
Fitur-fitur 3DMAX :
a. Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl
kembali ke perintah sebelumnya.
b. Redo merupakan kebalikan dari undo
c. Select and link berfungsi untuk menghubungkan
satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek
tersebut.
d. Unlink selection merupakan kebalikan dari link
yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e. Bind to space warp merupakan fasilitas yang
digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita
akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f. Selection filter merupakan fasilitas yang dapat
digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g. Select object digukanan untuk memilih atau
menyeleksi objek.
h. Select by name digunakan untuk memilih objek
berdasarkan nama object tersebut.
i.
Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j.
Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k. Select and scale digunakan untuk memilih dan
mengubah ukuran objek
l.
Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses
transformasi.
m. Mirror digunakan untuk menggandakan atau
mencerminkan objek
n. Layer manager digunakan untuk mengatur layer
o. Curve editor digunakan untuk mengatur kurva
dari objek yang kita buat
p. Material editor merupakan fasilitas untuk
memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
q. Render scene dialog digunkan untuk merender animasi
atau model pada scene terpilih.
Time Slider dan tool-tool untuk navigasi
Selain terdapat main tool yang dapat mambantu kerja kita dalam viewport
terdapat juga beberapa bagian lain yang terdapat dalam scene 3ds max yang perlu
kita ketahui, yaitu :
Time Slider
Prinsipnya sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi
yang lain, yaitu untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang
ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga kita fahami fungsinya untuk
melakukan perubahan animasi pada suatu objek.
3.4 Kelebihan Blender dan 3DMAX
Blender adalah salah satu software open source
yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan
dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis.
Berikut kelebihannya :
- Open Source
Blender
merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi
source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar
GNU General Public License yang digunakan Blender.
- Multi Platform
Karena
sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem
seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender
versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
- Update
Dengan
status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga
update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya.
Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya.
Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di
graphicall.org
- Free
Blender
merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku,
melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang,
selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi
dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia
bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu
membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
- Lengkap
Blender
memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari
software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game
Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include
atau di bundling seperti Blender.
- Ringan
Blender
relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan
sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor
Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan
baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly
akan sedikit lebih lambat.
- Komunitas Terbuka
Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender
yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance
terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling
berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah
OPEN MOVIE garapan Blender Institute
Tampilan
Awal Pada Blender
MAXScript adalah built-in bahasa scripting
yang dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas yang berulang, menggabungkan
fungsi yang ada dengan cara baru, mengembangkan alat baru dan user interface,
dan banyak lagi. Modul plugin dapat dibuat sepenuhnya dalam MAXScript.
Karakter
Studio
Karakter
Studio adalah sebuah plugin yang sejak versi 4 Max sekarang terintegrasi dalam
3D Studio Max, membantu pengguna untuk menghidupkan karakter virtual. Sistem
ini bekerja dengan menggunakan rig karakter atau "Biped" kerangka
pengaturan yang memiliki saham yang dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan
jerat karakter bugar dan kebutuhan animasi. Alat ini juga termasuk alat editing
yang kuat untuk IK / FK switching, Pose manipulasi, Layers dan workflow
keyframing, dan berbagi data di seluruh animasi kerangka Biped berbeda. Ini
"Biped" objek memiliki fitur berguna lainnya yang membantu
mempercepat produksi siklus berjalan
dan jalur gerakan, serta gerakan sekunder.
Adegan Explorer
Adegan
Explorer, sebuah tool yang menyediakan tampilan hierarkis adegan data dan
analisis, memfasilitasi bekerja dengan adegan yang lebih kompleks. Explorer
adegan memiliki kemampuan untuk menyortir, menyaring, dan pencarian adegan oleh
setiap jenis objek atau properti (termasuk metadata). Ditambahkan dalam 3ds Max
2008, itu adalah komponen pertama untuk memfasilitasi. Kode dikelola NET dalam
3ds Max luar MAXScript.
DWG Impor 3ds Max mendukung impor dan menghubungkan file DWG.
DWG Impor 3ds Max mendukung impor dan menghubungkan file DWG.
Peningkatan
manajemen memori dalam 3ds Max 2008 memungkinkan adegan yang lebih besar harus
diimpor dengan beberapa objek.
Tekstur Penugasan /
Edit
3ds
Max menawarkan operasi untuk tekstur kreatif dan pemetaan planar, termasuk
ubin, mirroring, decals, sudut, memutar, blur, UV peregangan, dan relaksasi;
Hapus Distorsi; Pertahankan UV, dan ekspor Template gambar UV. Alur kerja
tekstur mencakup kemampuan untuk menggabungkan yang tidak terbatas jumlah
tekstur, browser bahan / peta dengan dukungan untuk drag-and-drop tugas, dan
hirarki dengan thumbnail. Fitur alur kerja UV termasuk pemetaan Pelt, yang
mendefinisikan lapisan adat dan memungkinkan pengguna untuk terungkap Uvs
menurut orang-orang lapisan; copy / paste bahan, peta dan warna, dan akses ke
jenis pemetaan cepat (kotak, silinder, bola).
Umum keyframing
Dua
keying mode - set kunci dan kunci otomatis - menawarkan dukungan untuk workflow
keyframing berbeda. Cepat
dan kontrol intuitif untuk keyframing - termasuk potong, salin, dan paste -
membiarkan pengguna membuat animasi dengan mudah. Lintasan Animasi dapat
dilihat dan
diedit langsung di viewport.
Dibatasi Animasi
Objek
dapat animasi sepanjang kurva dengan kontrol untuk penyelarasan, perbankan,
kecepatan, kelancaran, dan perulangan, dan sepanjang permukaan dengan kontrol
untuk penyelarasan. Berat jalur yang dikendalikan animasi antara kurva ganda,
dan menghidupkan berat. Objek dapat dibatasi untuk menghidupkan dengan obyek
lain dengan berbagai cara - termasuk melihat, orientasi dalam ruang koordinat
yang berbeda, dan menghubungkan di berbagai titik dalam waktu. Kendala ini juga
mendukung animasi pembobotan antara lebih dari satu sasaran. Semua animasi
dibatasi dihasilkan dapat jatuh ke keyframes standar untuk pengeditan lebih
lanjut.
Skinning
Skinning
Entah
Kulit atau pengubah Physique dapat digunakan untuk mencapai kontrol tepat
deformasi tulang, sehingga karakter deformasi lancar sebagai sendi yang
bergerak, bahkan di daerah yang paling menantang, seperti bahu. Kulit deformasi
dapat dikendalikan dengan menggunakan beban puncak langsung, volume simpul
didefinisikan oleh amplop, atau keduanya.
Kemampuan
seperti tabel berat, bobot paintable, dan tabungan dan pemuatan bobot
menawarkan mudah mengedit dan kedekatan berbasis transfer antara model,
menyediakan akurasi dan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk karakter rumit.
Opsi
mengikat kaku menguliti berguna untuk menghidupkan rendah poligon model atau
sebagai alat diagnostik untuk animasi kerangka biasa. Pengubah tambahan,
seperti Kulit Bungkus dan Kulit Morph, dapat digunakan untuk menggerakkan jerat
dengan jerat lainnya dan membuat penyesuaian bobot yang ditargetkan di daerah
sulit.
Kerangka dan Invers
Kinematika(IK)
Karakter
bisa dicurangi dengan kerangka kustom menggunakan 3ds Max tulang, pemecah IK,
dan alat rigging didukung oleh Data Motion Capture. Alat animasi Semua -
termasuk ekspresi, script, daftar controller, dan kabel - dapat digunakan
bersama dengan satu set utilitas khusus untuk tulang untuk membangun rig
struktur apapun dan dengan kontrol kustom, sehingga animator hanya melihat UI
yang diperlukan untuk mendapatkan karakter mereka animasi .
Empat plug-in kapal pemecah IK dengan 3ds Max: sejarah-independen solver, sejarah tergantung solver, pemecah anggota tubuh, dan spline IK solver. Ini pemecah kuat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat animasi berkualitas tinggi karakter. Pemecah sejarah-independen memberikan campuran halus antara animasi IK dan FK dan menggunakan sudut lebih suka memberi animator kontrol lebih besar atas posisi tulang yang terkena.
Pemecah sejarah yang bergantung bisa menyelesaikan dalam batas bersama dan digunakan untuk mesin seperti animasi. Ekstremitas IK adalah pemecah dua-tulang ringan, dioptimalkan untuk real-time interaktivitas, ideal untuk bekerja dengan karakter lengan atau kaki. Spline IK solver menyediakan sistem animasi yang fleksibel dengan node yang dapat dipindahkan di mana saja dalam ruang 3D. Hal ini memungkinkan untuk animasi efisien rantai tulang, seperti tulang belakang karakter atau ekor, dan termasuk mudah digunakan twist dan kontrol roll.
Empat plug-in kapal pemecah IK dengan 3ds Max: sejarah-independen solver, sejarah tergantung solver, pemecah anggota tubuh, dan spline IK solver. Ini pemecah kuat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat animasi berkualitas tinggi karakter. Pemecah sejarah-independen memberikan campuran halus antara animasi IK dan FK dan menggunakan sudut lebih suka memberi animator kontrol lebih besar atas posisi tulang yang terkena.
Pemecah sejarah yang bergantung bisa menyelesaikan dalam batas bersama dan digunakan untuk mesin seperti animasi. Ekstremitas IK adalah pemecah dua-tulang ringan, dioptimalkan untuk real-time interaktivitas, ideal untuk bekerja dengan karakter lengan atau kaki. Spline IK solver menyediakan sistem animasi yang fleksibel dengan node yang dapat dipindahkan di mana saja dalam ruang 3D. Hal ini memungkinkan untuk animasi efisien rantai tulang, seperti tulang belakang karakter atau ekor, dan termasuk mudah digunakan twist dan kontrol roll.
Integrated Cloth Solver
Selain
pengubah kain reaktor, 3ds Max software memiliki mesin kain-simulasi terpadu
yang memungkinkan pengguna untuk mengubah hampir semua objek 3D ke pakaian,
pakaian atau membangun dari awal. Tabrakan pemecahan cepat dan akurat bahkan
dalam simulasi yang kompleks. (Image.3ds max.jpg)
Simulasi
Lokal memungkinkan seniman menggantungkan kain secara real time untuk
mendirikan negara pakaian awal sebelum pengaturan kunci animasi.
Kain simulasi dapat digunakan bersama dengan lainnya 3ds Max kekuatan dinamis, seperti Space Warps. Beberapa sistem kain independen dapat animasi dengan obyek mereka sendiri dan kekuatan. Data deformasi Kain dapat di-cache ke hard drive untuk memungkinkan iterasi tak rusak dan untuk meningkatkan kinerja pemutaran.
Kain simulasi dapat digunakan bersama dengan lainnya 3ds Max kekuatan dinamis, seperti Space Warps. Beberapa sistem kain independen dapat animasi dengan obyek mereka sendiri dan kekuatan. Data deformasi Kain dapat di-cache ke hard drive untuk memungkinkan iterasi tak rusak dan untuk meningkatkan kinerja pemutaran.
Integrasi dengan
Autodesk Vault
Autodesk Vault plug-in, yang kapal
dengan 3ds Max, mengkonsolidasikan pengguna 3ds Max aset dalam satu lokasi,
memungkinkan mereka untuk secara otomatis melacak file dan mengelola pekerjaan
berlangsung. Pengguna dapat dengan mudah dan aman berbagi, menemukan, dan
menggunakan kembali 3ds Max (dan desain) aset dalam produksi skala besar atau
lingkungan visualisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar